Langsung ke konten utama

Sejarah dan Perkembangan WEB


Sejarah dan Pengertian Web

Website pertama di dunia lahir di tahun 1991 pada tanggal 6 Agustus oleh Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ahli komputer dari Inggris yang bekerja di laboratorium fisika Swiss. Pada awalnya, website itu dibuat untuk memudahkan para peneliti untuk saling bertukar informasiWebsite adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan.

Perkembangan Web
          Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mengembangkan browser web pertama, dan itu disebut World Wide Web . Pada saat itu, hanya teks yang dapat ditampilkan di halaman web. Tidak ada font yang mewah, tidak ada gambar atau video yang menarik, hanya teks biasa sederhana, dengan tautan yang digarisbawahi dengan warna biru. Pada tahun 1993, ketika Mosaic dirilis, browser web pertama yang memungkinkan pengembang menambahkan gambar ke halaman web mereka. Mampu mendukung gambar , gif dan formulir web, suatu lompatan besar ke depan untuk masa itu.Desain tidak brilian karena kendala peramban dan terbatasnya pemrogram bandwidth daripada perancang yang mendesain sebagian besar situs web.

Pertengahan 1990-an hingga 2000
Netscape adalah peramban web teratas tetapi segera roboh setelahnya oleh Internet Explorer dan memulai perang peramban. Sekitar waktu ini, desain web mulai menjadi sedikit lebih kompleks, menggunakan bingkai dan tabel serta gambar.
Arsitektur web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya. Dimana struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antara lain form, fungsi, navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang akan dibangun dalam sebuah web. 


Konsep Arsitektur system dalam web meliputi :
Arsitektur Teknologi informasi (TI) adalah peta level tinggi atau rencana aset informasi dalam sebuah organisasi. Arsitektur TI mengintegrasikan kebutuhan bisnis seluruh organisasi untuk mendapatkan informasi dan semua aplikasi.. Sebuah rencana arsitektur menjelaskan bagaimana rumah yang akan dibangun, termasuk bagaimana berbagai komponen rumah, seperti pipa dan sistem kelistrikan, harus diintegrasikan. Demikian pula, arsitektur TI menunjukkan bagaimana semua aspek teknologi informasi dalam suatu organisasi yang sesuai secara bersama.
Kelebihan dari web :
- Mudah di akses
- Jangkauan yang sangat luas
- Bisa menghasilkan uang
Kekurangan dari web :
- Susah mencapai target pembaca atau pengunjung
- Firur terbatas
- tidak cocok untuk bisnis profesional

Daftar Pustaka
Sunardi, Alamsyah S., (2007). Dasar Website. Alexindo.
Kusnanto, S.Kom (2011). Website Untuk Orang Awam. Maxikom



Komentar